Tambah Pengetahuan dan Wawasan Kearsipan Peserta Didik, SMK BA Bekerja Sama dengan DPAD Kota Tangerang Adakan Sosialisasi SIKN dan JIKN

Dipublikasikan pada 07 Agustus 2024

[Buletin]

Dalam upaya mengenalkan arsip memori kolektif daerah yang dimiliki Kota Tangerang, SMK Bhakti Anindya bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) setempat mengadakan sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN).

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 30 Juli 2024 bertempat di Ruang Serba Guna (RSG) dan diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan XII Manajemen Perkantoran. Dikutip dari laman DPAD Kota Tangerang, JIKN adalah program Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di mana pemerintah daerah berperan sebagai simpul jaringannya.

Kepala DPAD Kota Tangerang, Drs. Engkos Zarkasyi A, M.Si., mengungkapkan, “Dengan mengenalkan SIKN dan JIKN, kami berharap siswa-siswa dapat memahami pentingnya arsip sebagai sumber informasi dan memori kolektif yang harus dilestarikan.” Sosialisasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan serta wawasan mengenai kearsipan dan sejarahnya.

Para siswa juga diberikan pemahaman mengenai cara kerja, manfaat serta cara mengakses SIKN dan JIKN dengan memanfaatkan arsip tersedia, hingga mempelajari sejarah melalui berbagai objek digital yang telah diunggah sebelumnya.

Kegiatan sosialisasi SIKN dan JIKN ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama.

Penulis: Erna Neldiana

Kembali
ke Atas