Perhotelan

Era perdagangan bebas memberi dampak ganda yaitu terbukanya kesempatan kerja sama yang seluas-luasnya antar negara, namun di sisi lain membawa dampak yang sangat luas terutama dalam persaingan yang semakin ketat dan tajam. Oleh karena itu, perkuatan daya saing dan peningkatan keunggulan kompetitif di semua sektor baik sektor riil dan moneter, dengan mengandalkan pada kemampuan SDM, teknologi dan manajemen sudah menjadi keharusan. Untuk mengantisipasi hal tersebut di atas, maka Program Studi Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata yang dalam hal ini memiliki bidang-bidang keahlian seperti front office dan housekeeping turut serta dalam menyiapkan SDM yang profesional setara dengan standar nasional dan internasional.

Akomodasi Perhotelan adalah kompetensi keahlian di bawah Bidang Studi Keahlian Pariwisata dengan terkonsentrasi pada Program Studi Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan Informasi dan kemampuan tentang akomodasi perhotelan, pengelolaan dan penyelenggaraan akomodasi. Kompetensi Keahlian Perhotelan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang yang berhubungan dengan Akomodasi seperti, hotel (kualifikasi melati maupun berbintang), apartemen dan sarana akomodasi lainnya baik yang dikelola secara Individu maupun yang dikelola dengan Manajemen Berjaringan (Chain Hotel).

Tujuan Kompetensi Keahlian Perhotelan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal-hal berikut:

  1. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office
  2. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping
  3. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Food and Beverage Service
  4. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Laundry Hotel

Visi Program Keahlian

Bersama kita membangun SMK Bhakti Anindya. Khususnya Program Keahlian Perhotelan yang kondusif untuk meningkatkan sumber daya manusia yang profesional dan berakhlakul karimah.

Misi Program Keahlian

Menyiapkan siswa agar menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mampu mengembangkan sikap profesional untuk mengisi kebutuhan dunia usaha/industri khususnya kompetensi keahlian perhotelan.

Tujuan Program Keahlian

Tujuan Program Akomodasi Perhotelan  secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) pasal 3 mengenai tujuan pendidikan nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Perhotelan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. Menerima dan memproses reservasi sesuai permintaan tamu
  2. Menyediakan layanan akomodasi (Reception)
  3. Memelihara catatan keuangan
  4. Memproses transaksi keuangan
  5. Melaksanakan prosedur klerikal
  6. Melaksanakan audit
  7. Menyediakan jasa porter
  8. Menyediakan housekeeping
  9. Membersihkan lokasi dan area/peralatan
  10. Melayani linen dan pakain tamu

Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Perhotelan adalah jenis pekerjaan dan/atau profesi yang relevan dengan kompetensi, di antaranya:

  1. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Receptionist, Reservation Staff, Telephone Operator, dan Porter
  2. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen and Uniform Attendant serta Laundry Attendant

Anindya Hotel

Untuk memfasilitasi siswa dalam praktik kompetensi, Program Keahlian Perhotelan menyediakan sebuah laboratorium praktikum dengan nama Anindya Hotel yang berisi simulasi fasilitas hotel, sehingga siswa dapat secara langsung melakukan simulasi pekerjaan bidang perhotelan.

Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum 2013 Revisi

Struktur Kurikulum Berdasarkan Peraturan Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum SMK (kurikulum 2013 revisi)
Kembali
ke Atas