HKI (Hubungan Kerja Industri)

Akan ditambahkan.

Halaman Terkait:

 

BKK (Bursa Kerja Khusus)

Visi dan Misi

Visi

Menjadikan unit kerja yang dapat menyediakan dan menyalurkan informasi tenaga kerja yang cepat, tepat dan akurat.

Misi

  1. Memberikan layanan informasi dunia kerja yang sesuai dengan kebutuhan
  2. Merekrut dan menyalurkan calon tenaga kerja ke perusahaan-perusahaan
  3. Memberikan pelayanan pelatihan untuk pemantapan memasuki dunia kerja
  4. Mengadakan kerjasama dengan masyarakat DU/DI
  5. Mengoptimalkan pendapatan dengan sistem jaringan

Struktur Organisasi

Berikut ini struktur organisasi BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK Bhakti Anindya Tangerang.

struktur organisasi bkk SMK Bhakti Anindya Tangerang

Program BKK

Berikut ini program BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK Bhakti Anindya Tangerang.

No. Uraian Kegiatan
A KEGIATAN PERSIAPAN

  1. Penyusunan Program BKK
  2. Rapat Koordinasi Pengurus BKK
  1. Pelaksanaan Kegiatan
B KEGIATAN PELAKSANAAN

  1. Sosialisasi Program Kepada Calon Tamatan
  1. Penelusuran dan Pendataan Tamatan
  1. Bimbingan Materi Psikotest
  1. Orientasi Karier Kepada Calon Tamatan
  1. Layanan informasi
  2. Informasi lowongan Pekerjaan
  3. Informasi magang
  4. Informasi ketenagakerjaan
  1. Inventarisasi Alumni yang telah disalurkan BKK
  2. Pendataan jumlah tersalur
  3. Pendataan Instansi/Perusahaan yang pengguna Tenaga Kerja
  1. Layanan Konsultasi Kepada Calon Tenaga Kerja
  1. Kunjungan ke Industri
  1. Kunjungan/Studi Banding BKK
C KEGIATAN PELAPORAN/EVALUASI

Job Description

Berikut ini job description BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK Bhakti Anindya Tangerang.

Penasehat: Dinas Tenaga Kerja/Dikmenti

  • Memberikan bimbingan dan arahan bagi kemajuan dan perkembangan BKK disekolah

Penanggung Jawab: Drs. Engkos Kosasih, MM

  • Bertanggung jawab dalam kegiatan BKK
  • Memberikan dan mengarahkan kegiatan BKK

Ketua: Azhari Basid, M.Pd

  • Menyusun program BKK dan melaporkan kegiatan BKK
  • Menggerakkan dan memberi tugas kepada anggota BKK
  • Melaksanakan langkah-langkah koordinasi dengan seluruh komponen terkait
  • Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah memberi informasi, pelayanan kepada seluruh komponen

Sekretaris: Motuho Gea, A.Md., S.Kom

  • Mendata dan mendaftarkan pencari kerja lulusan
  • Mendaftarkan dan mendata lowongan kesempatan kerja yang diterima
  • Menerbitkan kartu kuning dari Depnakertrans

Informasi Data: Devi Erien, SE., MM

  • Mendata perusahaan yang menerima lowongan pekerjaan
  • Melakukan pengiriman untuk memenuhi permintaan tenaga kerja
  • Melakukan penawaran mengenai persediaan tenaga kerja
  • Melakukan wawancara terhadap pencari kerja.
perusahaan tangerang

Daftar Perusahaan

Sebagai salah satu SMK di kota Tangerang, SMK Bhakti Anindya melakukan kerja sama dengan banyak perusahaan baik di kota Tangerang, kabupaten Tangerang maupun di kota Jakarta untuk melakukan prakerin. Berikut ini adalah daftar perusahaan dan instansi tempat pelaksanaan prakerin siswa SMK Bhakti Anindya. Lanjut baca

 

Prakerin

Petunjuk Umum Prakerin

  1. Prakerin dilaksanakan siswa kelas XI pada semester 4
  2. Lama Prakerin 3  bulan
  3. Syarat peserta Prakerin:
    1. Kompetensi dasar sudah tuntas
    2. Sudah menyelesaikan administrasi sekolah sebelum melaksanakan Prakerin
  4. Biaya Prakerin sharing antara  orang tua siswa dan sekolah
  5. Memenuhi pemberkasan Prakerin antara lain:
    1. Surat pernyataan orang tua
    2. Mengisi biodata/curriculum vitae siswa dilengkapi foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar
    3. Surat perjanjian mematuhi tata tertib sekolah dan DU/DI
  6. Siswa menerima panduan Prakerin
  7. Siswa menerima buku jurnal kegiatan Prakerin
  8. DU/DImenerima buku panduan penilaian Prakerin
  9. Siswa mendapat pembelajaran yang sesuai dengan program keahliannya.
  10. Siswa mendapatkan sertifikat Prakerin dari DU/DI atau dari sekolah.

Tujuan Prakerin

Penyelenggaraan Prakerin bertujuan untuk:

  1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
  2. Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match) antara SMK dan Industri.
  3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
  4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

Prosedur Kegiatan Prakerin

  1. Penentuan Jadwal Prakerin
  2. Sosialisasi Kegiatan Prakerin kepada siswa kelas XI
  3. Rapat Kepala sekolah dengan Guru Pembimbing Prakerin
  4. Pertemuan dengan orang tua/Wali murid atau sosialisasi dalam bentuk surat edaran pemberitahuan Prakerin kepada orang tua/Wali murid.
  5. Pencarian Partner Industri (DU/DI)
  6. Penanda tanganan MOU
  7. Ploting / Penempatan Siswa ke DU/DI dan Pembimbingan

Tim Pokja Prakerin

  1. Penanggung jawab: Kepala SMK Bhakti Anindya tangerang
  2. Ketua Pokja Prakerin: Azhari Basid, S.Ag, M.Pd
  3. Sekretaris: Motuho Gea, A.Md., S.Kom
  4. Bendahara: Nila Sari, SE., MM
  5. Kaprog / Kord.Pembimbing:
    • Drs. Masnin
    • Kusnul Yani, S.Pd
    • Juriyah M.Kom
    • Yuyuk Oktorina, M.Kom

Tupoksi masing-masing bagian

  1. Kepala Sekolah: Sebagai penanggung jawab utama dalam pelaksanaan Prakerin
  2. Ketua Pokja
    1. Koordinator pelaksanaan Prakerin
    2. Penghubung antara DU/DI dan atau Instansi dengan sekolah
  3. Sekretaris Pokja
    1. Menyiapkan administrasi Prakerin
    2. Mengelola administrasi Prakerin mulai dari surat permohonan sampai dengan pelaporan.
    3. Mendistribusikan kelengkapan administrasi Prakerin siswa
  4. Bendahara Pokja
    1. Membuat anggaran Prakerin
    2. Mengatur penggunaan keuangan Prakerin
    3. Membuat laporan penggunaan keuangan Prakerin kepada kepala sekolah melalui ketua pokja Prakerin
  5. Kaprog
    1. Mengkoordinasi penempatan siswa pada program keahlian masing-masing
    2. Menempatkan siswa Prakerin pada DU/DI yang sesuai
Kembali
ke Atas